Sistem Operasi Desktop Urutan berdasarkan tahun





UNIX , 1965-197



Unix adalah sistem operasi yang dikembangkan pada tahun 1965 dengan proyek awal yang disebut Multiplexed Information and Computing Service (Multics). Pada tahun 1973 sistem operasi UNIX di-rework menggunakan bahasa pemrograman C oleh Dennis Ritchie.
 

MSDOS 1981



Sistem operasi MS-DOS adalah cikal bakal dari Microsoft Windows yang kita kenal hingga saat ini. MS-DOS sendiri sistem operasi biasa dipakai oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengan perangkat serupa. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates & Paul Allen.
bersifat single tasking dengan modus Text dan Command-Line. MS-DOS sendiri mulai ditinggalkan oleh sang empunya seiring dibuatnya sistem operasi berbasis grafis antarmuka yang sekarang kita kenal dengan Microsoft Windows. MS-DOS sendiri secara resmi dihentikan pada tahun 2000 oleh Microsoft. 



MAC OS 1984



Sistem Operasi Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi pertama berbasis GUI yang dirilis Apple Computer pada tahun 1984. Sistem operasi Mac OS memang khusus digunakan untuk perangkat keras keluaran Apple. Secara keseluruhan Mac OS memang berbeda dengan sistem operasi yang lain. Mac OS adalah sistem operasi yang tidak mempunyai baris perintah (command line) seperti pada sistem operasi lain.


Mac Os menggunakan antara muka pengguna grafik sepenuhnya. Mac OS juga merupakan sistem operasi yang memperkenalkan Sistem File Hierarki (Hierarchical File System) seperti pada UNIX dan Linux.

WINDOWS. 1985 



Sejak pertama peluncurannya Windows memang cukup populer karena aplikasi grafis buatan Microsoft seperti Microsoft Excel dan Microsoft Word. Sampai saat ini Microsoft memang telah mengeluarkan beberapa versi terbaru dari Windows yang lebih lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna personal computer.


LINUX 1991


Windows adalah sistem operasi yang cukup populer dan merajai perangkat lunak komputer yang ada di seluruh dunia. Windows sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang berbasis pada pengguna grafik antarmuka (graphical user interface).


Linux merupakan pengembangan dari sistem operasi UNIX yang lebih lengkap. Linux sendiri bersifat open source, dimana user bisa dengan bebas mengembangkan atau menggandakan program dengan lisensi resmi dari GNU(GNU Not UNIX).


Sistem operasi LINUX pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds, mahasiswa di Finlandia pada tahun 1991. Linux bisa digunakan untuk jaringan komputer, pengembangan software dan aktivitas komputer lainnya. Linux sendiri merupakan sistem operasi yang lebih murah dibandingkan sistem operasi komersial yang ada sekarang. 




SUN SOLARIS 1992







Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun MicroSystem pada tahun 1992. Sistem operasi merupakan pengembangan dari sistem operasi Unix. Sun Solaris merupakan sistem operasi Open Source, dimana user bisa dengan leluasa untuk mengembangkan. Sun Polaris sendiri kemudian berubah nama menjadi Oracle Solaris setelah pada tahun 2010 diakuisisi oleh Oracle Corporation.



CHROME OS 2010



Chrome OS dirilis tahun 2010 yang dikembangkan oleh Google Inc. Sistem operasi Chrome OS sendiri berbasis pada Linux. Chrome OS bekerja secara khusus mengandalkan aplikasi web dari sistem operasi tersebut.












Comments