sistem operasi Mobile

Sistem operasi Mobile 



Sistem operasi pada mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengotrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja.

Ada banyak jenis sistem operasi ponsel pada saat ini, antara lain


  • >Java,
  • >Windows Mobile
  • >Symbian
  • >Operasi Ios
  • >Sistem operasi WebOs,
  • >Sistem operasi Blackberry
  • >Sistem operasi Maemo
  • >Sistem sistem operasi Palm Os
  • >Sistem operasi Samsung
  • >Sistem operasi Android



java



sebenarnya OS ini bisa dikatakan bukan operating system sejati. Karena masing-masing vendor akan menerapkan sistem yang berbeda untuk produknya. Kebanyakan java ini digunakan untuk capabilitas aplikasi dari pihak ketiga.misalnya java game atau aplikasi handphone lainnya.



Windows Mobile



Sistem Operasi Windows Mobile adalah versi mobile dari sistem operasi PC paling populer, Windows, keluaran Microsoft. Sistem operasi ini didesain khusus agar bisa berjalan pada smartphone dan perangkat mobile. Sistem operasi yang awalnya dirilis dengan nama Pocket PC 2000 ini hampir semuanya dilengkapi stylus pen yang digunakan sebagai ‘mouse’ pada layar ponsel. OS ini sudah berkali-kali di-update versinya dengan versi terbarunya saat ini adalah Windows Mobile 6.5 yang dirilis 5 Oktober 2009. Ke depannya akan dirilis Windows Mobile 7.0 yang akan keluar sekitar pertengahan 2010.



Symbian



Symbian adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan mobile


IOS



iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc. khusus untuk perangkat kerasnya. Ini adalah sistem operasi yang saat ini memberdayakan banyak perangkat seluler perusahaan, termasuk iPhone, dan iPod Touch; itu juga mendukung iPad sebelum pengenalan iPadOS pada 2019. Ini adalah sistem operasi seluler terpopuler kedua di dunia setelah Android.


WebOS



webOS adalah sistem operasi mobile yang berbasis Linux , awalnya dikembangkan oleh Palm , yang kemudian diakuisisi oleh HP.


ubuntu Touch



Ubuntu Touch dirancang terutama untuk perangkat seluler. Namun, bayangkan menghubungkan perangkat seluler Anda ke monitor, mouse, dan keyboard dan mengubahnya secara instan menjadi pengalaman desktop. Ini adalah tujuan dari Konvergensi, fitur eksperimental untuk pengalaman terpadu di semua perangkat


BLACKBERRY

BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk lini Blackberry smartphone.


MAEMO






Maemo adalah sebuah sistem operasi dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900.


PALM OS




Palm OS (juga dikenal sebagai Garnet OS) adalah suatu sistem operasi mobile awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk asisten digital pribadi (PDA) pada tahun 1996.


ANDROID


Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone serta komputer tablet. 


Comments