OUTPUT KOMPUTER

OUTPUT KOMPUTER 


Output device adalah peranti keluaran yang dapat memberikan informasi kepada pengguna dari komputer

Secara definisi Output Device atau komponen perangkat keras keluaran merupakan komponen perankat keras yang terdapat pada komputer yang mengkomunikasikan hasil proses pengolahan data untuk digunakan oleh pengguna.


Perangkat output adalah alat yang biasanya digunakan untuk menampilkan data, dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.  

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk: 

  • Tulisan (huruf, angka, simbol khusus)
  • Image (dalam bentuk grafik atau gambar)
  • Suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).

Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa 

Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive. 




Comments