Sunday, July 20, 2014

kenapa harus membaca ?



kalian suka membaca ? beruntunglah, karena kalian akan mempunyai banyak hal menarik dari membaca, saat ini kecanggihan teknologi akan membuat semua orang bisa membaca di mana saja kapan saja dengan kemampuan Handphone atau smartphone sekarang membaca juga bisa di mana saja, hobi membaca nggak cuma bikin kamu pintar, lho. Masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan. Misalnya saja:

1. Membaca Menstimulasi Kemampuan Otak




Membaca mencegah penyakit Alzheimer via www.kitabikeede.com


Membaca adalah salah satu cara termudah untuk menstimulasi otak manusia. Layaknya kegiatan bermain catur, membaca dapat mengurangi atau bahkan mencegah resiko kepikunan atau Alzheimer. Dengan membaca, otak kita akan terpacu untuk lebih aktif bekerja, dan dengan demikian mencegah penurunan fungsinya.

2. Membaca Bisa Mengurangi Stres


Mengurangi stres via www.careersailing.com


Membaca bisa mengurangi perasaan tertekan yang kamu alami, lho. Novel-novel atau artikel yang kamu baca bisa membangkitkan emosi yang sebenarnya: dari ingin tertawa, penasaran, sampai senang. Kalaupun kamu membaca cerita sedih, perasaan melankolis yang akan kamu dapatkan akan berbeda dari galau yang biasa kamu rasakan di dunia nyata. 

Seperti kata Aristoteles, perasaan sedih setelah membaca buku adalah ‘katarsis’ — emosi yang akhirnya justru bisa membuat kita lega dan tenang.

Mungkin juga, membaca membuat pikiranmu teralihkan, membuatmu lupa sejenak akan segala permasalahan yang bikin stres. Dengan membaca, kamu bisa menjernihkan pikiranmu, sehingga kamu merasa lebih rileks.

3. Menambah Pengetahuan


Menambah wawasan dan pengetahuan viawww.businessadministrationinformation.com


Apapun yang kamu baca akan menambah pengetahuan dan informasi baru buatmu. Semakin banyak informasi dan pengetahuan yang kamu dapat, semakin mudah kamu dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan nanti.

Satu hal yang perlu kamu tahu: apapun yang kamu miliki bisa hilang begitu saja, kecuali ilmu pengetahuan.

4. Menambah Perbendaharaan Kata


Menambah perbendaharaan kata via www.uamodna.com


Tahu arti ‘ratna mutu manikam‘? Tahu arti ‘halimun’, ‘anai-anai’, atau‘jumud’? Tahu bedanya ‘hati’, ‘sanubari’, ‘lubuk’, ‘kalbu’, dan ‘relung’? Orang Indonesia mudah sekali melempar tuduhan bahwa bahasa Indonesia miskin kosa kata. Yakin? Atau malah kita saja yang malas buka kamus?


Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kosa kata baru yang bisa kamu dapatkan. Kosa kata baru itu tentunya bisa menambah perbendaharaan katamu. Kamu pun bisa semakin cakap dan elok dalam berbicara. Kamu bisa seperti Anies Baswedan, Obama, atau Bung Karno, yang terkenal pandai berpidato.


Seseorang yang cakap berbicara dibutuhkan dalam berbagai macam pekerjaan, lho. Perlahan-lahan, karena kecakapanmu sendiri, kamu jadi semakin percaya diri.


5. Meningkatkan Daya Ingat





Meningkatkan daya ingatan via www.wallpaperfly.com


Ketika kamu membaca sebuah buku, kamu harus mengingat bermacam-macam karakter, latar belakang, sejarah, nuansa, serta berbagai macam cerita yang saling berkaitan satu sama lainnya. Itu adalah salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan daya ingatan.


Otak manusia memang sangat menakjubkan, karena mampu mengingat berbagai macam hal dengan sangat mudah. Setiap ingatan baru yang disimpan di dalam otak, akan dapat menguatkan kembali ingatan-ingatan yang telah tersimpan sebelumnya.

6. Memperkuat Kemampuan Analisis



Melatih logika dan analisis via media3.mic.com


Pernahkah kamu membaca seri novel misteri seperti Sherlock Holmes atauPoirot? Selama membacanya, kamu pasti juga berusaha menebak-nebak dan menyelesaikan misterinya, ‘kan? Kalau iya, berarti kamu selama kamu membaca novel itu kamu juga telah melatih logika berpikirmu.


Nggak hanya novel misteri saja, sebenarnya. Sebuah narasi fiksi yang baik haruslah logis. Itulah kenapa ada pepatah terkenal: “Bedanya dunia fiksi dan dunia nyata adalah dunia fiksi harus masuk akal”. Meskipun kamu hanya sekedar membaca, kamu secara nggak sadar udah merangsang otakmu untuk menganalisis masuk akal tidaknya plot dalam novel yang kamu baca.


7. Melatih Konsentrasi






Melatih konsentrasi via static.businessinsider.com


Ketika kamu membaca buku, semua perhatianmu akan terpusat pada cerita dalam buku tersebut, dan semua pikiranmu terkonsentrasi pada setiap detil cerita yang sedang kamu pahami.


Cobalah untuk membaca buku selama 15-20 menit sebelum memulai bekerja, dan kamu akan mulai merasakan sedikit demi sedikit bahwa kamu sedikit lebih fokus dan mudah berkonsentrasi daripada sebelumnya.


8. Melatih Kemampuan Menulis



Melatih kemampuan menulis via pixel.nymag.com


Berkat perbendaharaan kata yang luas dan kemampuan berlogika yang baik, seseorang yang suka membaca akan memiliki kemampuan menulis yang baik pula. Penulis-penulis novel terkenal juga bukan orang yang tiba-tiba bisa menulis. Mereka sebelumnya adalah seorang pembaca yang baik juga.


9. Memberikan Ketenangan





Baca buku spiritual bisa bikin tenang via s019.radikal.ru


Selain dapat menimbulkan efek relaksasi, membaca juga bisa membuat pembaca merasakan ketenangan. Membaca buku-buku spiritual dapat menurunkan tekanan darah yang membuat pembaca merasakan ketenangan. Dan seperti yang kita tahu juga, membaca buku spiritual dan motivasi dapat membantu seseorang menjadi lebih semangat lagi.


10. Hiburan Gratis



Bisa download ebook gratis juga! via www.advantiscomm.com


Membaca jugalah hiburan yang bisa kita dapatkan dengan murah, atau bahkan gratis! Kalau kamu nggak punya cukup uang untuk membeli buku, kamu bisa pergi ke perpustakaan atau tempat penyewaan. Seiring perkembangan zaman, kamu juga bisa mendapatkan bacaan secara gratis di internet.


Hipwee kasih tahu nih beberapa situs yang nyediain ebook gratis: Free-Ebooks, Project Gutenberg, Many Books, Baen Ebooks, dan khusus pemakai produk Apple: iBooks. Bagi penggemar novel-novel klasik Indonesia, kamu bisa pergi ke situs Download Novel Indonesia untuk mengunduh bacaan seperti Ali Topan Anak Jalanan atau Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma.


hipwee


www.arifiyanto.web.id

About

Custom Search

networkFun