Wednesday, March 12, 2014

25 tahun www lahir

pada 12 Maret 1989, yang ditandai sebagai hari kelahiran Web. saat sebuah tim peneliti muda mempresentasikan ide konsep nya. pada tahun 1991 Tim Berners-Leeingin menemukan cara praktis untuk menyusun artikel artikel penelitiannya. Tujuan awalnya adalah menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi antara para fisikawan dan ilmuwan. lalu berkembang menadi sistem pribadi Sistim itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. dengan program ini Barne-Lee bisa menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip hingga mudah unutk melaukan pencarian.

Dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk


proyek pembuatan hiperteks global. Oktober 1990,
'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas di jaringan Internet.


Militer AS mulai mempelajari ide jaringan komputer yang terhubung pada 1950, dan tahun 1969 meluncurkan Arpanet.

WWW menggunakan protokol yang disebut HTTP kepanjangan dari HyperTest Transfer Protocol yang berjalan pada TCP/IP. Sedangkan dokumen web ditulis dalam format HTML (Hyper Markup Languange). Konsep hypertext tersebut digunakan pada web sebenarnya telah dikembangkan jauh dari sebelum kehadiran
web itu sendiri.

saat ini telah berkembang pesat dan mencakup seluruh dunia, dan tidak terbatas pada lembaga penelitian aja, namun telah semua sektor , dari pendidikan, dan bisnis.







About

Custom Search

networkFun