Monday, February 10, 2014

Perbandingan GUI Pada OS Microsoft Windows 7 Dan Ubuntu 11.04




Desktop :
adalah hal utama pada sebuah sistem operasi berbasis GUI tanpa ada window aplikasi yang berjalan di atas nya. Biasanya hanya ada icon dan image baground saja 
windows
Tampilan utama pada windows tidak banyak yang berubah dari awal kemunculannya dari semenjak menggunakan GUI. Selalu akan ada taskbar pada bagian bawah layar.
desktop windows 7

Pada taskbar tersebut terdapat beberapa icon yang berupa shortcut aplikasi standart dari Microsoft windows. Untuk mencari aplikasi lain makan user harus membuka menu dengan tombol utama berbentuk logo Windows. Windows 7 masih menggunakan flat list  menu.  Tampilan shortcut akan muncul jika kita sering menggunakan aplikasi yang bersangkutan.  Tombol yang yang menu yang lain berdasarkan group atau tools standar widows 7. Untuk
membuka seluruh aplikasi yang terinstal ada pada menu all program, pada tampilan menu ini tidak terlalu efektif karena flat list bermasalah jika ada beberapa menu yang memiliki banyak isi menu yang lain maka kita harus men- scroll untuk bisa menilhatnya. Pada windows 7 setiap pada toolbar dan window yang terbuka terdapat kolom search yang bisa kita gunakan untuk mencari langsung tanpa harus membuka aplikasi searching pada windows. Salah satu kelebihan dari desktop windows ini adalah transisi semua menunya yang di namakan aero dimana setiap  widow frame di gambar menggunakan efek transparasi.
menu start windows 7



Ubuntu 11.04

pada menu ubuntu 11.4 banyak di lakukan perubahan pada versi sebelumnya. Pada versi menggunakan desktop shell Unity  menggantikan gnome 3 yang sering di gunakan pada versi sebelumnya. 
desktop ubuntu 11.04

pada versi ini ubuntu menggunakan global menu untuk semua aplikasi. Dan untuk menemukan atau menggunakan aplikasi yang lain menggunaka menu Dash dengan icon logo ubuntu untuk mencari aplikasi yang di inginkan.  

LAUNCHER
launcher ini mirip dengan yang digunakan sistem operasi mac. Kita bisa membuat shortcut disi untuk memudahkan akses. Launcher akan tertutup otomatis ketika bagian dari layar aplikasi mengenai layar launcher atau bila ada yang memakai aplikasi dengan layar penuh.

 


dengan dash menu kita bisa melihat setipa aplikasi yang terinstal pada ubuntu dengan category yang ada. Biasa nya aplikasi yang banyak berhubungan denga multimedia akan ada pada category Media namun bila kita mneggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang tidak maka aplikasi tersbut biasa masuk pada more Apps.

Explorer Menu / file explorer

Windows 

pada window ini windows 7 masih menggunakan flats menu seperti pada versi versi sebelumnya. Pada windows 7 di berikan live view yang menampilkan thumbnails dari isi aplikasi yang di sorot. Setiap icon yang muncul bisa di urutkan atau di shorting dengan beberapa katgori yang ada. 







Ubuntu  
pada ubuntu explorer file menggunakan hampir mirip dengan tampilan dan fungsi explorer menu pada windws namun pada ubuntu shorting list kurang efisien karena susuna pada icon yang di tampilakan tidak menggunakan flat list  kolom seperti pada windows ini cukup membingungkan bila kita ingin mencari file tertentu dengan katagory tertentu.

control panel 

Windows 7 
  
gambar : control panel menu catagory 

gambar : menu panel icon

Pada menu control panel tampilan icon yang di buat grouping hingga akan muncul flat menu dari beberpa katagori yang ada. Namun user  bisa menganti dengan mengunakan large icon atau small icon seperti gambar di atas sebelah kanan.
ubuntu 11.04
 menu control panel pada linux biasa bernama system setting, namun karena penggunaan global menu maka setiap aplikasi bercampur dengan setiap menu yang lain hingga kita mengetikkan judul aplikasi yang akan kita gunakan.
gambar control panel ubuntu

Kesimpulan
pada tampilan antar muka pertama pada tiap sistem operasi terlihat sama sama elegan dengan beberapa kombinasi ciri khas masing masing sistem operasi,
pada penggunaan menu linux sedikit diatas lebih unggul di sebabkan penggunaan global menu dan search universal yang cukup responsif dalam mencari aplikasi yang diminta.
Dalam penggunaan menu explorer windows lebih unggul dari segi panampilan dan group list yang gunakan hingga lebih memudahkan dalam melihat detail program.
Dalam control panel pada kedua sistem operasi hampir sama menggunakan tampilan umum pada dengan menampilkan icon menu configurasi nya.
Kedua system operasi memiliki ta,pilan GUI yang hampir setara. Namun windows banyak di pilih kerena keterbiasaan user dalam penggunaannya sehari hari. 








About

Custom Search

networkFun