Monday, January 11, 2010

tugasku interoperabilitas

Arifiyanto hadinegoro / 05052583 / tugas interoperabilitas wktu UAS
1. Jelaskan komponen komponen corba dengan arsitekturnya
2. Model keamanan untuk objek dengan diagram arsitekturnya
3. Jelaskan dengan diagram hubungan RMI dengan level layer
4. Gambar dan jelaskan arsitektur RMI
5. What SOAP ?
6. Struktur program SOAP !

Jawab
1.
CORBA disusun oleh komponen-komponen utama :
1. ORB (Object Request Broker)
2. IDL (Interface Definition Language)
3. DII (Dynamic Invocation Interface)
4. IR (Interface Repositories)
5. OA (Object Adapter)


Komponen CORBA pada sisi Client:
1. Client Application
2. Client IDL Stubs
3. Dynamic Invocation Interface
4. Interface Repository
5. Client Side ORB Interface
6. ORB Core
Komponen CORBA yang terletak di sisi Server
1. Server Side ORB Interface
2. Static IDL Skeleton
3. Dynamic Skeleton Interface
4. Object Adapter
5. Server Side Implementation

2. Model referensi sekuriti yang didefinisikan pada spesifikasi OMG adalah model yang mendeskripsikan keseluruhan framework dari sistem keamanan CORBA, dengan tujuan untuk memperlihatkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mendefinisikan berbagai aturan sekuriti yang berbeda-beda.




3. Layer application berada di atas sistem RMI. Hubungan antara layer-layer tersebut dapat dijelaskan pada gambar berikut :


Aplikasi


Sistem RMI Stub Skeleton





Sebuah remote method invocation dari klien ke remote server object akan melalui layer-layer pada sistem RMI dari layer transport pada sisi klien ke layer transport pada sisi server.



4. Dalam RMI, pendefinisian interface (behavior) dan penerapan dari interface tersebut merupakan dua konsep yang berbeda, artinya keduanya dapat berjalan pada dua JVM yang berbeda.
Sebuah interface pada Java, hanyalah berisi definisi method apa saja yang dapat digunakan oleh suatu objek dan tidak berisi kode logika perintah yang digunakan. Agar sebuah interface dapat diberikan logika perintahnya, maka harus dibuat sebuah class yang menerapkan (implementation) dari interface tersebut.

5. SOAP (Simple Object Access Protocol) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.
SOAP adalah protokol ringan yang ditujukan untuk pertukaran informasi struktur pada lingkup desentralisasi, dan terdistribusi. SOAP menggunakan teknologi XML utuk mendefinisikan rangka kerja pemesanan terekstrensi di mana menyediakan konstruksi pesan yang dapat dipertukarkan pada protokol berbeda. Rangka kerja dirancang bebas dari model pemrograman dan spesifikasi implementasi semantik.

6. NuSOAP
NuSOAP adalah library yang digunakan untuk membangun web service berbasis SOAP yang ditulis dengan menggunakan bahasa PHP. NuSOAP ditulis oleh Dietrich Ayala dengan proyek awal bernama SOAPx4. Selanjutnya dia disewa NuSphere untuk terus mengembangkan proyek tersebut dan diberi nama NuSOAP.
Dalam membangun sebuah sistem aplikasi berbasis web service, dibutuhkan dua komponen utama yaitu, server sebagai provider entity dan client sebagai requester entity . Sebagai contoh, di bawah ini terdapat dua listing program pada sisi server dan sisi client. Berikut contoh implementasi NuSOAP pada sisi server:
Kode Program File server.php
require_once(’nusoap.php’);
$server = new soap_server;
$server->register(’hello’);
function hello($name) {
return ‘Hello, ‘ . $name;
}
$HTTP_RAW_POST_DATA = isset($HTTP_RAW_POST_DATA) ? $HTTP_RAW_POST_DATA :
”;
$server->service($HTTP_RAW_POST_DATA);
?>
Berikut implementasi NuSOAP untuk sisi klien:
Kode Program File client.php
require_once(‘nusoap.php’);
$client = new soapclient(’http://localhost/soap/server.php’);
$result = $client->call(’hello’, array(’name’ => $_GET['name']));
echo $result;
?>

About

Custom Search

networkFun