Saturday, May 5, 2007

SMS based

sms based adalah Fasilitas penerimaan digunakan untuk menerima SMS dari sejumlah pengirim yang jumlahnya tidak terbatas.
Fasilitas ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data, seperti survei, polling, jajak pendapat, pemilihan ketua senat mahasiswa, pemilihan dosen favorit atau yang lain.

Sementara fasilitas membalas SMS secara otomatis bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi yang sifatnya tergantung permintaan pengirim SMs

ada dua metode penggunaan
IM3 misalnya.
Pertama, melalui GSM Modem atau Stand Alone.
Kedua, melalui koneksi langsung ke SMSC (short message services center).
Aplikasi pertama, caranya cukup mudah dan aman dalam operasinya.



Semua institusi pun bisa melakukannya, terutama lembaga yang memiliki anggota banyak. Kelebihan cara ini, penggunanya dapat dengan mudah mengatur atau memantau penggunaan pulsa atau biaya yang telah digunakan.
“Sebab, software untuk SMS Stand Alone sudah dilengkapi dengan informasi penggunaan,” kata Tommy Rusdiana, Project Manager GPS IM3.

peralatan

Peralatan yang diperlukan untuk aplikasi SMS Stand Alone adalah PC atau notebook, GSM Modem/HP dan kabel data atau infrared, serta software SMS based. Spesifikasi PC dan sistem operasinya, PC minimal Pentium III, RAM 64 MB, HD 1.2 GB dan HP sebagai GSM Modem (dengan model yang bisa full duplex).

Untuk keperluan yang lebih luas, terutama dalam pembebanan biaya SMS yang hendak dibebankan ke pengguna ponsel, maka konfigurasi yang cocok adalah penyaluran SMS ke SMS Center lewat short number. Dengan konfigurasi ini, bukan saja pengiriman dan penerimaan SMS lebih cepat, juga memungkinkan menprioritaskan pengiriman SMS. Cuma, untuk itu diperlukan IP (internet protocol) publik. Jadi, sebelum disambungkan ke SMS Center, harus melalui jaringan internet terlebih dahulu. Dengan short number empat digit, komunikasi bisa dilakukan dengan mudah, murah, cepat, dan mudah diingat.

About

Custom Search

networkFun